Mari Belajar Komputer Bersama

Let’s learn about everything

Tutorial Algoritma output

Hai… Selamat datang sebelumnya. Di post saya yang pertama ini, saya akan memberikan tutorial yang sangat – sangat mudah. Yaitu programming dengan menggunakan C++.

Download compilernya disini

Pertama kali, kita harus tau apa itu algoritma. Algoritma adalah urutan – urutan pengerjaan dari yang sangat simpel sehingga menjadi sesuatu yang kompleks. Saya sih sering mengibaratkannya dengan langkah – langkah kecil untuk melakukan sesuatu.

Contoh :

Bagaimana cara kita menulis ke buku? Tentunya kita harus menyiapkan bukunya dahulu baik dengan cara mencari atau membeli, kemudian kita buka buku tersebut lalu mengambil alat tulisnya setelah itu baru deh kita tulis, setelah ditulis kita tutup buku itu barulah kita kembalikan lagi ke tempatnya semula.

Begitulah kira – kita algoritma. Mudah kan?? Karena selama ini setau saya, banyak yang mengira algoritma itu adalah hitung – hitungan yang sangat rumit (itu mah logaritma). Mereka menganggap (orang awam) bahwa orang yang mengerti tentang algoritma itu adalah manusia super pintar.. Aslinya?? Algoritma itu adalah kumpulan logika-logika yang akhirnya membentuk suatu pekerjaan yang kompleks.

Oke itu tadi sedikit tentang Algoritma. Sekarang kita Maju ke pemrograman dengan C++.

Berikut saya berikan program simpel sebagai pengantar :

#include <iostream>

#include <conio.h>

using name std;

int main()

{

int umur = 20;

cout<< “Hello World”<<endl;

cout<<”Nama saya adalah blablabla\n”;

cout<<”Umur saya “<<umur<<endl;

}
Oke, segitu dulu programnya. Program diatas adalah program untuk menghasilkan keluaran sbb :

Hello World

Nama saya adalah blablabla

Umur saya adalah 20

berikut pembahasan sintaksnya :

#include <iostream>

using namespace std;

adalah library dimana compiler C++ membaca function2nya. pndeknya gini, supaya compiler C++ itu bisa ngerti sintax/perintah2 yang diberikan. Contoh diatas adalah perintah “cout<<” (tnpa tnda petik) yang ada dlm library <iostream>

cout<< sendiri adalah sintax untuk menuliskan sesuatu.

lalu baris perintah ini :

int main()

adalah perintah agar compiler mengenali badan dari program / main programnya.

Kemudian ini :

int umur = 20;

adalah mendeklarasikan variabel yaitu variabel umur sebagai tipe data integer yang mempunyai nilai 20. Integer sendiri adalah tipe data bilangan bulat. Untuk lebih jelasnya nanti saya akan berikan keterangannya mengenai tipe2 data.

Lalu ini :

cout<<”Nama saya adalah blablabla\n”;

cout<<”Umur saya “<<umur<<endl;

adalah  untuk menuliskan kata2 tsb. \n dan endl sendiri adalah perintah untuk mengganti baris.

March 18, 2009 - Posted by | Tutorial Programming

No comments yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

